Selasa, 29 Januari 2019

Waspada Gondongan Pada Anak Laki-laki Sebabkan Kemandulan

Written by

Waspada Gondongan Pada Anak Laki-laki - Penyakit gondongan merupakan jenis penyakit yang paling sering menyerang anak-anak. Penyakit ini tergolong penyakit yang berbahaya apabila tidak segera ditangani. Bahaya gondongan apabila tidak segera ditangani yaitu menimbulkan komplikasi seperti meningitis. 

Gondongan itu sendiri yaitu suatu kondisi yang dimana adanya pembengkakan pada kelenjar parotis. Kondisi ini disebabkan karena infeksi virus paramyxovirus, yang dimana virus tersebut sangat mudah membuat infeksi pada tubuh orang yang terserangnya. Biasanya virus tersebut lebih mudah menyerang anak-anak yang masih memiliki sistem kekebalan tubuh yang masih lemah. 

Waspada Gondongan Pada Anak Laki-laki Sebabkan Kemandulan 


Gondongan juga tergolong jenis penyakit yang mudah menular pada siapa saja. Penularan ini dapat menular melalui udara bahkan benda-benda yang sudah terkontaminasi oleh penderita gondongan, atau bahkan melakukan kontak secara langsung dengan penderita. Sebenarnya penyakit gondongan ini lebih sering menyerang laki-laki dewasa dan juga anak laki-laki. 

Apabila gondongan terjadi pada laki-laki dan tidak segera menanganinya dengan cepat, maka kemungkinan besar akan menimbulkan komplikasi, salah satunya yaitu komplikasi peradangan pada testis (orchitis), peradangan pada pankreatitis serta meningitis. Dan salah satu komplikasi yang paling sering menyerang yaitu peradangan pada testis. Kondisi ini hampir sering dialami oleh anak laki-laki. 

Apabila testis mengalami peradangan, maka kemungkinan besar akan memicu kemandulan. Laki-laki yang mengalami komplikasi biasanya mengalami kerusakan pada sel-sel yang menghasilkan sperma ditestis. Dan hal inilah yang menyebabkan gondongan dapat mempengaruhi kesuburan, karena mengakibatkan penurunan produksi sperma. 

Oleh karena itu, jika tidak ingin mengalami komplikasi yang akan menimbulkan kemandulan akibat gondongan, maka segeralah lakukan cara mengobati gondongan. Tidak hanya mencegah terjadinya komplikasi saja, mengobati gondongan sejak dini juga dapat mencegah kembali tumbuhnya gondongan. 

Dan itulah sekilas informasi mengenai Waspada Gondongan Pada Anak Laki-laki Sebabkan Kemandulan, semoga informasi ini bermanfaat. Ammmiiinnn 

Tidak ada komentar: