Minggu, 24 Februari 2019

Faktor Penyebab Kanker Lidah

Written by

Faktor Penyebab Kanker Lidah - Kanker lidah yaitu jenis kanker yang terjadi saat sel-sel lidah tumbuh secara tidak terkontrol dan membentuk tumor ganas. Banyak yang menganggap kanker lidah merupakan jenis penyakit yang biasa, hal ini karena gejala kanker lidah hampir mirip dengan sariawan. Oleh sebab itu, banyak orang yang menganggap bahwa kondisi ini merupakan kondisi yang biasa. 


Kanker lidah paling sering tumbuh pada sel skuamosa yang ada dipermukaan lidah. Sel skuamosa merupakan sel yang berbentuk datar atau pipih seperti kulit yang melapisi permukaan mulut, hidung, tiroid dan tenggorokan. Kanker lidah yang tidak segera cara mengobati kanker lidah dengan cepat dapat menyebabkan komplikasi bahkan kematian. 

Alkohol dan tembakau merupakan penyebab utama kemunculan kanker lidah. Hal ini karena lidah memiliki sifat karsinogenik atau mudah menyebarkan kanker. Biasanya seseorang yang menderita kanker lidah dapat menimbulkan beberapa gejala seperti :
  • Bercak berwana putih da merah 
  • Sakit pada tenggorokan 
  • Perdarahan tanpa sebab yang jelas pada lidah
  • Rasa kebas pada mulut yang tak kunjung hilang
  • Sakit saat menelan 

Faktor Penyebab Kanker Lidah 

Selain alkohol dan juga tembakau, adapun beberapa hal yang menjadi faktor penyebab kanker lidah seperti : 
  • Rokok
    Rokok merupakan salah satu pemicu kanker lidah. Hampir sekitar 85% kanker pada daerah kepala, leher dan juga lidah disebabkan oleh konsumsi tembakau. Selain itu, perokok pasif juga berisiko lebih tinggi untuk terjangkit kanker lidah dan juga kanker dibagian kepala dan leher. 
  • Minuman Keras 
    Mengkonsumsi alkohol secara rutin dengan jumlah yang banyak dapat meningkatkan risiko terjadinya kanker lidah. Apalagi jika mengkonsumsi alkohol dikombinasikan dengan rokok, maka akan semakin meningkatkan risiko seseorang untuk terjangkit risiko kanker lidah. 
  • Human Papilloma Virus (HPV)
    Selain minuman keras dan juga rokok yang menjadi faktor penyebab kanker lidah, seseorang yang positif terinfeksi HPV dapat berisiko terkena penyakit kanker lidah. HPV dapat menyebabkan pertumbuhan yang tidak normal pada mulut. 
  • Kurangnya Kebersihan Mulut 
    Kebersihan pada mulut sangatlah penting untuk menghindari penyakit kanker yang satu ini. Selain itu, menjaga kebersihan pada mulut juga dapat menurunkan risiko terjadinya penyakit pada mulut. Jadi sangat penting sekali menjaga kebersihan mulut. 
Sekian dan terimakasih, semoga bermanfaat. 

Tidak ada komentar: