Kamis, 24 Januari 2019

Bahaya Penyakit Gastritis Kronis Pada Usia Muda

Written by

Bahaya Penyakit Gastritis - Gastritis adalah kondisi dimana lapisan lambung mengalami peradangan atau iritasi. Kondisi ini dapat terjadi kapan saja, bahkan kondisi ini juga sering kali ditandai dengan rasa nyeri atau perih pada perut. Pada kondisi gastritis kronis, gejala ini muncul secara perlahan, berulang dalam jangka waktu yang lama. 

Bahaya Penyakit Gastritis Kronis Pada Usia Muda

Hasil gambar untuk Bahaya Penyakit Gastritis Kronis Pada Usia Muda

Gastritis kronis pada usia dewasa memang sangat sering terjadi, bahkan kondisi ini sudah tidak asing lagi untuk dirasakan. Gastritis kronis yang sering terjadi pada anak usia muda, kebanyakan dari mereka menyepelekan hal ini. Dengan begitu, banyak penderita gastritis kronis diusia muda mengalami beberapa keluhan bahkan komplikasi yang serius seperti tukak lambung. Untuk itu, cara mengobati gastritis sejak dini perlu dilakukan untuk menghindari komplikasi bahkan kematian. 

Padahal jika kondisi ini diperiksa lebih lanjut, kemungkinan besar akan komplikasi dan keluhan yang sering dirasakanpun dapat teratasi. Bukan hanya itu saja, penyakit gastritis yang sering diabaikan akan memicu perubahan, sel-sel di daerah lambung berpotensi mengalami perubahan menjadi sel prakanker. Tentunya hal tersebut sangatlah berbahaya. 

Adapun beberapa faktor pemicu gastritis : 

  • Makanan Tinggi lemak 
    Makanan yang mengandung tinggi lemak dapat meningkatkan kadar asam lambung, hal tersebut hanya akan memperparah kondisi lambung. Makanan tinggi lemak contohnya : daging berlemak, makanan yang digoreng, produk olahan susu yang tinggi lemak. 
  • Kopi Dan Teh 
    Minuman kedua jenis tersebut ini mengandung kafein yang dapat memicu peningkatan asam lambung serta ketidaknyamanan lambung. 
  • Makanan Manis 
    Mengkonsumsi makanan manis terlalu sering dapat membuat asam lambung menjadi lebih tinggi. Tidak hanya itu saja, mengkonsumsi makanan manis yang terlalu tinggi juga sangat tidak baik untuk kesehatan, bahkan konsumsi makanan manis terlalu sering akan memicu penyakit diabetes. 
  • Cokelat 
    Perlu untuk anda ketahui, mengkonsumsi cokelat bagi penderita gastritis sangatlah tidak baik, karena hal ini hanya akan meningkatkan asam lambung. oleh karena itu, sebaiknya hindari jenis makanan yang satu ini. 
  • Kebiasaan Merokok 
    Kebiasan merokok yang sering dilakukan oleh hampir semua orang tentunya sangat berbahaya untuk tubuh. Bahkan kebiasaan ini akan memicu pengeluaran asam lambung. Jika kondisi ini terjadi, maka hal ini hanya akan memperparah kondisi lambung saja. 

Untuk itu, untuk menghindari beberapa penyebab terjadinya gfastritis kronis dan komplikasi, maka hindarilah jenis makanan seperti diatas. Karena jenis makanan tersebut hanya akan memperparah kondisi lambung. 

Dan itulah sekilas informasi mengenai bahaya penyakit gastritis dan beberapa makanan pemicu gastritis, semoga informasinya bermanfaat. Amiiiinnnnnn

Tidak ada komentar: