Kamis, 10 Januari 2019

Aterosklerosis, Kondisi Fatal Penyebab Stroke Dan Jantung

Written by

Aterosklerosis - Aterosklerosis merupakan suatu keadaan dimana terjadinya penyempitan pada pembuluh darah yang disebabkan karena adanya plak pada pembuluh darah. Plak tersebut membuat aliran darah yang menuju kejantung serta organ tubuh lainnya menjadi terhambat. Plak yang menjadi penyebab utama terjadinya aterosklerosis yaitu terbentuk dari kolesterol tinggi, serta lemak. 

Aterosklerosis, Kondisi Fatal Penyebab Stroke Dan Jantung


Banyak orang yang tidak mengetahui dirinya memiliki aterosklerosis, hal ini karena kebanyakan orang terlalu sepele menganggapnya. Aterosklerosis memang tidak terbentuk begitu saja, aterosklerosis awalnya akan merusak endotelium (lapisan dingding pembuluh darah) yang disebabkan oleh tekanan darah tinggi, keseringan merokok, serta memiliki kolesterol jahat yang tinggi yang ada pada darah. 

Jika kolesterol jahat tersebut melewati endotelium yang rusak, maka kolesterol tersebut akan masuk pada dingding pembuluh darah. Dan hal tersebut akan membuat sel darah putih akan mengalir ke daerah endotelium yang rusak tersebut untuk membantu mencerna kolesterol yang jahat yang tinggi dalam darah. 

Bahkan pembentukan plak juga bisa memerlukan waktu hingga bertahun-tahun. Meski begitu, tetapi plak tersebut akan terus membesar sehingga dapat menyumbat aliran darah. Jika hal tersebut terjadi, maka akan mengakibatkan menderita penyakit jantung, stroke dan bahkan masalah kesehatan lainnya. 

Namun perlu untuk anda ketahui juga, sumbatan yang terjadi pada pembuluh darah juga akan mengalami pecah dengan sendirinya. Jika hal ini terjadi pada otak, maka kemungkinan besar akan menyebabkan stroke. Dan jika hal ini terjadi pada jantung, maka akan menyebabkan serangan jantung. Karena prosesnya yang panjang dan memakan waktu bertahun-tahun, sehingga tidak heran jika aterosklerosis ini banyak diderita oleh orang yang sudah berumur.

Dan itulah sekilas informasi mengenai Aterosklerosis, Kondisi Fatal Penyebab Stroke Dan Jantung. Jika aterosklerosis tidak ingin menyebabkan stroke dan jantung, maka sebaiknya segera melakukan cara mengobati aterosklerosis sejak dini. Karena jika hal ini diabiarkan tanpa melakukan penanganan, maka kemungkinan besar akan berseiko seperti penyakit jantung serta stroke.

Semoga bermanfaat dan sampai jumpa. 

Tidak ada komentar: