Minggu, 13 Januari 2019

Tips Mencegah Batu Empedu Dengan Menerapkan Kebiasaan Ini

Written by

Tips Mencegah Batu Empedu - Batu empedu merupakan pembentukan batuan kecil pada kantung empedu yang disebabkan oleh endapan kolesterol yang tertimbun dalam cairan empedu. Batu empedu yang menyumbat pada saluran empedu akan menyebabkan rasa nyeri, serta infeksi. Umumnya, batu empedu disebabkan oleh gaya hidup yang kurang sehat. Bahkan batu empedu juga disebabkan oleh beberapa hal seperti permasalahan pada kantung empedu, hingga masalah keturunan. 

Batu empedu merupakan masalah yang serius yang tidak boleh dibiarkan tanpa melakukan penanganan. Oleh karena itu, jika seseorang mengalami batu empedu, maka sebaiknya segeralah melakukan pengobatan cara mengobati batu empedu

Sebelum melakukan pengobatan, alangkah baiknya mencegah terlebih dahulu untuk mencegah terjadinya batu empedu, yang pertama yaitu dengan memulai gaya pola hidup yang baik. Dengan merubah gaya hidup yang buruk menjadi gaya hidup baik dapat mengurangi risiko pembentukan batu empedu. Nah, berikut ini ada beberapa tips mencegah batu empedu dengan menerapkan kebiasaan yang baik. 

Tips Mencegah Batu Empedu Dengan Menerapkan Kebiasaan Ini 


  1. Mengubah Pola Makan 
    Hal yang harus dilakukan pertama yaitu dengan mengubah pola makan yang buruk menjadi lebih sehat. Misalnya yang tadinya sering mengkonsumsi jenis makanana yang mengandung banyak lemak rubah dengan kebiasaan mengkosnusmi makanan yang sehat. Karena mengkonsumsi makanan yang terlalu mengandung banyak lemak atau tidak sehat tentunya aakan menyebabkan obesitas. 
  2. Melakukan Olahraga Secara Teratur 
    Tidak hanya baik untuk kesehatan saja, melakukan olahraga secara teratur atau rutin dapat membantu mempertahankan atau menurunkan berat badan. Tidak hanya itu, melakukan olahraga juga dapat membantu mencegah batu empedu. Sebaiknya biasakan diri untuk melakukan olahraga setidaknya 30 menit perhari.  
  3. Mengontrol Berat Badan
    Obesitas merupakan salah satu faktor batu empedu. Orang dengan memiliki kelebihan beart badan akan rentan sekali terkena batu empedu. 
  4. Hindari konsumsi obat-obatan tertentu
    Perlu untuk anda ketahui, ada beberapa obat-obatan yang dapat meningkatkan risiko batu empedu, seperti obat penurun kolesterol (gemfibrozil dan fenofibrate). 
Dan itulah beberapa tips mencegah batu empedu dengan menerapkan kebiasaan sehat. Semoga bermanfaat. 

Tidak ada komentar: