Rabu, 09 Januari 2019

3 Penyebab Abses Payudara Perlu Diketahui

Written by

3 Penyebab Abses Payudara - Abses Payudara merupakan salah satu bentuk peradangan yang terjadi pada payudara. Peradangan tersebut disebabkan karena adanya infeksi bakteri yang masuk pada puting payudara, sehingga menimbulkan terkumpulnya nanah pada payudara. Dengan kondisi tersebut, payudara mengalami pembengakakan dan menimbulkan rasa nyeri pada payudara. 

Wanita yang sedang menyusui sangat rentan mengalami kondisi ini, hal ini disebabkan karena bakteri yang masuk melalui luka pada puting, sehingga menimbulkan infeksi dan menyebabkan abses payudara. Meskipun ibu menyusui lebih rentan mengalami abses payudara, tetapi hal tersebut tetap harus melakukan pemberian ASI pada bayi, karena hal tersebut juga bertujuan untuk mencegah terjadinya penyumbatan pada saluran ASI yang akan memicu terjadinya mastitis. 

Tidak hanya itu saja, wanita yang memiliki kelebihan berat badan dan memiliki payudara besar juga beresiko mengalami abses payudara. 

Penyebab Abses Payudara 

Ada 3 penyebab abses payudara yang perlu untuk diketahui, diantaranya yaitu :

  1. Kondisi Mastitis 
    Mastitis dapat menyebabkan wanita yang sedang menyusui mengalami abses payudara. Mastitis itu sendiri merupakan suatu kondisi dimana adanya peradangan pada payudara yang sering terjadi pada ibu menyusui. Peradangan tersebut terjadi diakibatkan karena tersumbatnya aliran ASI, Sehingga menyebabkan infeksi pada jaringan payudara. 
  2. Adanya Luka Pada Payudara 
    Jika terdapat luka pada payudara sebaiknya perhatikan dan menjaga kesehatan payudara. Karena luka pada payudara dapat mengalami abses payudara. 
  3. Gaya Hidup
    Tidak hanya wanita yang menyusui yang dapat mengalami abses payudara. Wanita dengan gaya hidup yang kurang sehat juga dapat memiliki risiko mengalami abses payudara. Salah satu contoh gaya hidup yang kurang sehat yaitu merokok. Tidak hanya wanita perokok saja, penggunaan bra yang terlalu ketat dan kecl juga menyebabkan seseorang mengalami abses payudara non laksi. 

Jika seseorang mengalami abses payudara, sebaiknya segera lakukan Cara mengobati abses payudara. Karena abses payudara yang tidak segera diatasi dengan cepat akan menyebabkan kematian bahkan menimbulkakn penyakit mastitis yang akan memperburuk kondisi. 

Itu saja yang bisa kami sampaikan mengenai penyebab abses payudara, semoga informasinya bermnafaat dan termakasih telah menyimak. 

Tidak ada komentar: