Minggu, 02 Desember 2018

Komplikasi Penyakit Obesitas

Written by

Komplikasi Obesitas -   Tidak hanya akan menimbulkan gangguan pada penderita obesitas juga dapat menyebabkan berbagai komplikasi penyakit. Apa saja penyakit yang ditimbulkan dari obesitas, untuk lebih jelasnya simak artikel dibawah ini.

Obesitas merupakan kelebihan berat badan sebagai akibat dari penimbunan lemak tubuh yang berlebihan. Obesitas terjadi karena asupan kalori yang lebih banyak dibanding aktivitas membakar kalori, sehingga kalori yang berlebih menumpuk dalam bentuk lemak.


Obesitas merupakan penyakit yang dapat berpengaruh pada tingkat kesehatan tubuh dan dapat memperpendek usia harapan hidup manusia. Penderita obesitas biasanya mengalami tidak percaya diri, sulitnya pencapaian kerja hingga depresi. Penyakit obesitas biasanya sering dikaitkan dengan penyakit diabetes tipe 2 hal ini terletak pada resisten insulin pada saat tubuh tidak mendapatkan insulin secara efektif sehingga mengakibatkan kadar gula darah meningkat.

Selain mengalami resiko terkena diabetes, penderita obesitas juga bisa mengalami resiko berbagai komplikasi penyakit yaitu :
  1. Penyakit sleep anea.
    Kondisi ini dapat membuat pernapasan beberapa kali terhenti saat tidur. Hal ini terjadi karena jaringan di bagian pangkal tenggorokan tidak bisa membuka saluran udara akibat obesitas. Kondisi ini dapat memicu beberapa penyakit seperti hipertensi, gagal jantung, penyakit jantung, aritmia, depresi, bahkan kematian.
  2. Penyakit batu empedu.
    Hal ini disebabkan karena orang obesitas memproduksi kadar kolesterol yang tinggi. Akibatnya, empedu tidak mampu membantu tubuh mencerna semua kolesterol dan batu empedu akan terbentuk. Untuk mencegah terjadinya penyakit batu empedu gunakan obat penghancur batu empedu yang aman dan tepat.
  3. Penyakit kanker.
    Obesitas dikaitkan dengan berbagai kanker seperti kanker endometrium, kanker usus besar dan anus, kanker payudara, kanker ginjal, kanker pankreas, kanker kerongkongan, kanker kandung empedu, dan kanker tiroid. Hal ini karena obesitas umumnya memiliki kadar insulin tinggi yang dapat memicu beberapa jenis kanker, orang dengan obesitas mengalami peradangan ringan yang bersifat kronis.
  4. Pada wanita hamil.
    Bagi wanita hamil yang mengalami obesitas juga lebih berisiko mengalami preeklamsia , infeksi saluran kencing, kehamilan tua, infeksi pascapersalinan, komplikasi operasi Caesar, hingga gangguan saat persalinan. Di samping itu, risiko operasi dan pascao perasi pada orang dengan obesitas akan meningkat, seperti risiko pembekuan darah, infeksi pada luka operasi, dan emboli paru.
Demikian artikel tentang komplikasi obesitas semoga bermanfaat dan terimakasih telah berkunjung.

Tidak ada komentar: