Minggu, 10 Februari 2019

5 Tips Sehat Mencegah Penularan HIV Atau AIDS

Written by

6 Tips Sehat Mencegah Penularan - HIV atau AIDS merupakan jenis penyakit yang sangat cepat menular pada orang yang ada disekitarnya. Bahkan penularannyapun bisa melalui kontak langsung atau bahkan melakukan seks. Penyakit ini tergolong penyakit yang sangat berbahaya yang dapat menimbulkan kematian apabila tidak segera ditangani dengan cepat. Bahkan jika kondisi ini terus menerus dibiarkan maka akan menyebabkan komplikasi, sehingga hal ini memicu kematian. 

Tidak hanya itu saja, penyakit ini juga mudah menular dan menyebar pada siapa saja, baik anak maupun orang dewasa. Baik laki-laki maupun wanita. Nah untuk itu, untuk terhindar dari penyebaran HIV atau AIDS, maka anda perlu cara pencegahan penyebaran HIV atau AIDS. 

6 Tips Sehat Mencegah Penularan HIV Atau AIDS 


Berikut ini ada beberapa tips cara mencegah penularan HIV atau AIDS : 
  • Gunakan Pengaman (kondom) Saat Berhubungan Seks 
    Cara pencegahan penularan HIV atau AIDS yang pertama yaitu menggunakan kodom pada saat berhubungan seks, karena hal ini merupakan salah satu cara virus menyerang dan menyebar pada tubuh. Untuk itu, gunakan pengaman atau kondom pada saat melakukan hubungan seks, baik melalui vagina atau bahkan melalui dubur. 
  • Hindari Alkohol Atau Jenis Obat-Obatan Terlarang
    Hal yang kedua yang perlu untuk anda lakukan yaitu menghindari alkohol dan juga jenis obat-obatan, karena alkohol dan juga obat-obatan tersebut memiliki zat atau bahkan kandungan yang dapat mempengaruhi keputusan anda dan membuat anda cenderung mengambil keputusan yang buruk atau disituasi dimana anda tidak memiliki kendali penuh untuk memegang keputusan. Bahkan, mengkonsumsi obat terlarang atau bahkan menyuntikan obat tersebut dapat menyebabkan anda terkena HIV dengan angka yang lebih tinggi. 
  • Hindari Berbagi Jarum Atau Alat Suntik 
    Perlu untuk anda ketahui, jarum atau alat suntik dengan mudah membawa HIV dari satu orang ke orang lain. Oleh karena itu, hindari memakai jarum atau alat suntik lainnya secara bersamaan. Dan hindari juga pamakaian jarum yang tidak berasal dari dokter. 
  • Hindari Melakukan Seks Lebih Dari Satu Orang
    Melakukan hubungan seks lebih dari satu orang dapat berisiko tinggi terkena HIV atau AIDS.\

  • Hindari Menyentuh Darah Atau Bahkan Cairan Orang Lain 
    Dan yang harus anda perhatikan yaitu menghindari menyentuh darah atau bahkan cairan lainnya. Hal ini dikhawatirkan tubuh kita akan terserang dan juga mengalami infeksi pada tubuh, sehingga hal ini menyebabkan. Terutama bagi anda yang memiliki luka terbuka pada bagian tubuh lainnya. 
Melakukan pencegahan tidaklah cukup apabila tidak disertai dengan cara melakukan cara mengobati HIV atau AIDS

Dan itu saja sekilas informasi mengenai cara mencegah penularan HIV atau AIDS dengan cara sehat, semoga informasi ini bermanfaat. Amiiinnn. 

Tidak ada komentar: