Jumat, 09 November 2018

Komplikasi Anemia Sel Sabit

Written by

Komplikasi Anemia Sel Sabit - Anemia sel sabit adalah kondisi serius di mana sel-sel darah merah menjadi berbentuk bulan sabit, seperti huruf C.
Anemia sel sabit adalah jenis anemia akibat kelainan genetik di mana bentuk sel darah merah tidak normal sehingga mengakibatkan pembuluh darah kekurangan pasokan darah sehat dan oksigen untuk disebarkan ke seluruh tubuh.

 Anemia Sel Sabit


Pada kondisi normal, bentuk sel darah merah ialah bundar serta lentur sehingga mudah bergerak di salam pembuluh darah. Sedangkan dalam anemia sel sabit sel darah merah berbentuk menyerupai bulan sabit yang kaku dan mudah menempel pada bagian pembuluh darah kecil yang akan mengakibatkan nyeri dan kerusakan pada jaringan.
Pencegahan yang dapat kita lakukan untuk mengurangi resiko yang menyebabkan komplikasi akibat anemia sel sabit yaitu dengan cara mengatasi anemia tersebut supaya tidak menimbulkan masalah kesehatan lainnya.

Komplikasi Anemia Sel Sabit

Adanya penyumbatan pada pembuluh darah bisa menurunkan fungsi atau bahkan merusak organ-organ tubuh, seperti ginjal, limpa, hati, dan otak. Anemia sel sabit ini bisa menyebakan komplikasi yang sangat buruk bahkan bisa mengancam nyawa yang di tandai dengan nyeri dada, demam, dan sesak napas. 
Beberapa komplikasi yang di sebabkan oleh anemia sel sabit yaitu : 
  1. Pertumbuhan menjadi lambat. Anak secara umum memendek tetapi meningkat lagi tingginya seiring dewasa. Maturasi seksual juga dapat terlambat. Ini terjadi karena sel sabit sel darah merah tidak dapat mensuplai cukup oksigen.
  2.  Penyakit paru dan jantung.
    Anemia sel sabit dapat mempengaruhi asupan oksigen sehingga menjadi faktor risiko penyakit jantung, gagal jantung, dan aritmia.
  3. Penyakit batu empedu.
    Batu empedu merupakan salah satu komplikasi yang di sebabkan oleh sumbatan pembuluh darah yang dapat memicu peningkatan rusaknya bilirubin.
  4. Permasalahan pada mata.
    Yaitu kebutaan akibat penyumbatan pembuluh darah pada mata yang seiring waktu dapat merusak retina.
Demikian penjelasan mengenai komplikasi yang di akibatkan oleh anemia sel sabit semoga bermanfaat.
Terimaksih.

 



Tidak ada komentar: