Kamis, 14 Maret 2019

Jenis-Jenis Malaria Yang Harus Diketahui

Written by

Jenis-Jenis Malaria - Hampir semua masyarakat tidak asing lagi dengan penyakit yang satu ini. Malaria merupakan suatu kondisi yang disebabkan karena gigitan nyamuk. Malaria termasuk jenis penyakit yang berbahaya, bahkan penyakit ini dapat menyebabkan kematian apabila tidak segera diobati dengan cepat. Kasus malaria memang banyak ditemukan diberbagai daerah, namun di negara indonesia kasus ini sudah jarang ditemukan. Meski begitu, kasus malaria tetap harus diwaspadai. 

Penyakit ini dapat menular pada siapa saja, baik anak-anak, remaja, orang tua, bahkan juga ibu hamil. Umumnya saat seseorang terserang penyakit malaria, biasanya akan menimbulkan gejala-gejala yang mungkin akan sangat menganggu penderitanya. Gejala tersebut berupa demam tinggi, sakit kepala, meriang, hingga nyeri sendi dan otot. 

Penyebab malaria yaitu nyamuk anopheles, yang dimana nyamuk tersebut merupakan salah satu jenis nyamuk yang tinggal didaerah tropis. Diindonesia, daerah yang menjadi endemik malaria tertinggi adalah papua. Sebenarnya, malaria dapat dibedakan menjadi 4 jenis tipe plasmodium atau jenis parasit yang dibawa nyamuk. 

Jenis-Jenis Malaria Yang Harus Diketahui 


  1. Plasmodium Vivax 
    Plasmodium vivax yaitu jenis malaria yang paling banyak menyerang masyarakat dunia. Bahkan hampir 60% masyarakat india terserang malaria jenis ini. Di indonesia sendiri, kasus malaria tipe plasmodium vivax sangat sering ditemukan. Meski pada umumnya tidak menimbulkan kematian, namun kondisi ini tetap harus di waspadai. Beberapa hejala umum malaria tipe ini yaitu kelelahan, diare, demam serta menggigil. Bahkan seseorang yang terkena penyakit ini juga bisa menimbulkan gejala-gejala seperti menyerupai flu. 
  2. Plasmodium Falciparum 
    Jenis malaria yang satu ini merupakan jenis infeksi malaria yang mematikan. Jenis parasit plasmodium Falciparum ini sering ditemukan diafrika, amerika, serta asia tenggara. Bahkan di indonsia sendiri jenis malaria ini cukup tinggi. Biasanya gejala utama dari penyakit ini yaitu kelelahan, pusing, nyeri otot, pembengkakan limpa, kejang, serta nyeri punggung, nyeri sendi dan juga munta-muntah. 
  3. Plasmodium Ovale
    Jenis malaria ini merupakan jenis malaria yang paling langka dan sering kali ditemukan didaerah ghana, afrika barat, liberia, nigeria. 
  4. Plasmodium Malariae
    Jenis malaria ini merupakan jenis malaria yang sangat jarang ditemukan. Malaria tipe plasmodium malaria ini meskipun tidak mematikan, namun tetap saja menimbulkan gejala sangat menganggu, seperti demam tinggi serta menggigil. 
Dan jika tidak ingin tertular atau bahkan terkena serangan malaria, tentunya kita harus melakukan beberapa cara mencegah dan cara mengobati malaria sejak dini. Hal ini bertujuan untuk menghindari dari tularan penyakit malaria. 

Tidak ada komentar: